Thursday, September 07, 2006

Ngajar di Palembang..

Baru masuk kantor lagi nih.. Setelah sebulan penuh ga ngantor... Hmmm, enak juga ternyata... hehhee.. Bukan brarti aku betah jadi pengangguran lho.. Karena emang sebulan itu aku ga nganggur.. 2 minggu dinas luar kota, dan 2 minggu lagi cuti besar..
Aku dapet tugas ngajar di Palembang sebanyak 4 angkatan. Masing-masing angkatan dilaksanakan 2 hari.. Brarti, aku 4 kali ngajarin materi yang sama.. tadinya aku pikir aku akan bosan, krn materi yang aku ajarkan itu-itu lagi... yang kebayang tuh bosen dan cape aja nih mulut ngomong mulu.. apalagi yang diomongin selama 4 akali itu sama semua.. Ternyata, semuanya jauuuuh banget dari bayangan aku.. :-)
Angkatan pertama, hari pertama... Seperti biasa, salting n grogi.. Penuh basa basi ke "tuan rumah".. Liat-liat situasi kelas, mengamati karakter peserta... yg rata-rata CSR yang cantik-cantik.. dan jelas sekali tiap mataku jatuh menatap, mereka jaim.. :-D dengan senyum-senyum.. dan manggut-manggut dengerin omongan aku.. :-D Apalagi, yang ketauan banget sebelum aku mentapnya.. mereka lagi asik ngobrol sama temen sebelahnya.. Hihihihi... jadi inget waktu masih jadi anak sekolah dulu.. :-D Yang berkesan di angkatan pertama adalah, ada satu orang peserta cowok yang kalo ngomong santun banget.. dan pas salaman di hari terakhir dia nyium tangan aku.. hahhaha... Berasa tua banget nih!!
Kebosanan yang aku bayangkan dia angkatan kedua sama sekali ga terjadi. Pas aku masuk kelas, aku udah ngerasain perbedaan suasana.. Mulai dari peserta yang berbeda, dan emang jenis atau apa ya namanya yaa.. hmm, yah pokoknya auranya udah beda deh.. Grogi udah berkurang.. dan yang bikin ga bosen adalah, karena di angkatan kedua ini semua komputer peserta kena virus!!!! Alhasil .. mereka cuma nonton aku show aja.. plus dengerin ocehan aku.. duuh, ini baru kerasa banget mulut aku capenya luar biasa.. Tiap kali ada pertanyaan, jawaban yang aku kasih panjang... Tapi emang jawabannya panjang bukan sengaja aku panjang-panjangin.. hehhee... Beda khan sama angkatan sebelumnya ?? Walopun yaah.. tidak lebih baik...
Di angkatan ketiga.. ada satu anak yang ramahnya luar biasa.. Kadang aku ngerasa rikuh sendiri dengan keramahannya.. Tiap bertatap muka selalu tersenyum, tiap kali ketemu pas ngambil makanan.. dia ngga cuma nyapa tapi pasti ada aja pertanyaan yang dia ajukan.. "udah jalan-jalan kemana aja?", "suka pempeknya mbak?", "keliatannya lelah yaa?", dll... Terus terang, dengan status aku sebagai intrusktur saat itu.. ada rasa sedikit ga nyaman diperlakukan kaya gitu, karena hmmm.. dia itu kira2 usianya lebih muda 8 tahun dari usiaku.. tapi dia memperlakukan aku seperti anak kecil.. hihihii, untungnya pas di kelas dia ga kaya gitu.. :-D Nah, di angkatan ini kebetulan peserta lebih banyak dari luar kota Palembang, jadi lebih banyak yang menginap di asrama yang sama dengan tempat aku nginep,hmm.. dengan fasilitas yang berbeda tentunya... hahhaa.. instruktur gitu lho.. :-D Nah, kita sempat jalan-jalan bareng malemnya.. rame-rame, hampir dengan seluruh penghuni asrama.. Bener2 udah ga ada bedanya lagi deh anatar peserta n instruktur, apalagi pas milih-milih baju n sepatu.. hihihi.. Trus, di hari terakhir... pas aku bagiin sertifikat.. ada peserta yang iseng ngambil foto hihi.. Aneh banget !! Berasa wisudaan deh.. Akhirnya, setelah penutupan aku tawarin untuk foto bareng2... berpose mereka bilang.. :-D
Angkatan ke-empat, terakhir.. peserta melebih quota.. cuam lebih satu sih, tapi khan jadinya ada yang ga kebagian komputer.. Tapi, ternyata ini bukan masalah, karena ini bisa ngatasin kebosanan aku.. Aku bisa minta peserta yang ga kebagian komputer itu untuk praktek di depan.. Setidaknya aku ga diem terus di depan, dan bisa jalan-jalan seputar kelas, walopun aku ga diem aja. . tetep memandu peserta yang sedang "demo" di depan.. dan membantu beberap peserta yang kesulitan praktek.. Ohya, di angkatan pertama sampai ketiga, aku didampingi satu orang asisten, tapi di angkatan keempat ini aku sendirian.. krn sang asisten pulang duluan, ada berita duka dari keluarganya..
Surprise-nya.. di hari terakhir pelatihan ini.. sekaligus penutupan secara keseluruhan, ada seorang peserta yang ngasih aku buku "Opick-Semesta Bertasbih"... dan ternyata feedback dari peserta sebagian besar "sangat puas" dengan sitem pengajaran, pengelolaan waktu dan kelas, dan penguasaan materi dari intrusktur.. ehm, aku tentunya.. Boleh donk bangga dikit! Bukan untuk sombong... tapi boleh khan meng-apresiasikan diri sendiri ?? Semoga jadi amal ibadah buat aku... dan semua yang aku berikan bermanfaat buat mereka... :-)

No comments: