Sunday, May 27, 2007

semua ada hikmahnya..

Kebiasaanku chatting sama Errina setiap hari kerja keterusan sampe week end..Kebetulan, pas aku online kulihat dia juga OL di YM..jadilah kami ngobrol-ngobrol lagi.. Kali ini sedikit lebih private.. bukan hanya karena cuma chatting berdua aja..(krn emang har libur, temen2 yang lain pada ga OL) tapi juga karena kami banyak cerita-cerita yang lebih pribadi, yang mungkin belum tentu akan kami obrolin dengan temen2 yang lainnya.. Dia banyak cerita soal ayahnya, yang sudah kuanggap seperti ayahku sendiri..terutama setelah almarhum ayahku wafat 11 tahun 5 bulan yang lalu.. Banyak support materiil dan moril yang beliau berikan ke aku.Bukan hanya beliau sih, tepatnya mereka sekeluarga.. Waktu kuliah aku tinggal bareng Errina di rumahnya..sementara kedua orang tuanya di kota lain, karena Om..biasa aku memanggil ayahnya yang seorang polisi sering berpindah-pindah tugas dari kota ke kota..
Wajar aja kalo aku tau hampir semua kebiasaan keluarga ini..
Beberapa waktu belakangan ini, Om sedang kena masalah..dan masalah ini membuatnya stress dan sakit, bahkan pada saat check-up ditemukan ada kanker paru-paru di tubuhnya. Belum terlalu parah, baru stadium 1..tapi ini kanker !!! Penyakit yang menakutkan.. Setahun lebih Om dirawat di Singapura.. Tidak selalu di rumah sakit, tapi setidaknya dengan jauh dari tempat tinggalnya di Jakarta, bisa sedikit mengurangi beban pikiran mengenai masalah yang sedang dihadapinya… Aku prihatin sekali !! Pertama kali mendengar beliau dapet masalah itu.. I’m speechless !!! “deg” aja rasanya… Pengen banget menyangkalnya… Aku aja, yang bisa dibilang bukan siapa-siapanya ‘terganggu’ dengan itu.. gimana beliau yang mengalaminya ???
Dan, obrolanku dengan Errina di YM kemarin sore membahas itu.. Bukan masalahnya yang kami bicarakan.. Tapi bagaimana beliau menghadapi dan melewatinya..
Kalo aku boleh sedikit menggambarkan, dulu…yang aku tau.. yang paling taat beribadah adalah Tante dan Pani (adik Errina), Errina… kalo yang wajib-wajib pasti dilaksanain… dan Om.. ga jauh beda dengan Errina. Tapiiiii, sekarang… semuanya berubah!!! Tante dan Pani makin taat… bahkan aku baca di blog-nya Pani.. wah !! Pemikirannya tentang Islam sangat luar biasa, dan banyak kutipan ayat2 Al Qur’an yang ditampilkan.. Dan Errina cerita, kalo sekarang… Om, ayahnya itu.. tiada hari tanpa ibadah… tiada hari tanpa kajian.. tiada sholat yang dikerjakan di akhir waktu… dan doa berjam-jam adalah pemandangan yang sering dilihatnya.. Subhanallah !!! Aku seneeeennng banget dengernya.. Bukan karena beliau dapet masalah, tapi karena karena masalah itulah beliau jadi semakin mendekat..dekat…dan terus mendekat kepada Allah… Betapa sayangnya Allah pada beliau.. Semua ada hikmahnya..!! Mungkin masalah yang dihadapi Om beberapa waktu lalu sekedar peringatan Allah.. dan alhamdulillah beliau menyadarinya peringatan itu…
Aku jadi inget… 2-3 tahun yang lalu aku terpuruk dalam kesedihan yang dalam.. yang kalau dibandingkan dengan masalah yang dihadapi oleh Om, ga ada apa-apanya… Tapi saat itu aku malah marah… emosional… menyalahkan… mengeluh.. bahkan, aku sempat merasakan hidup aku ini ga ada artinya.. sampai akhirnya aku disadarkan oleh pesan dan nasehat dari beberapa teman dekat…bahwa semua yang terjadi pada kita selain scenario Allah..ini adalah pilihan kita… Yang mungkin aja, ada kekeliruan yang kita lakukan di masa lalu yang tidak kita sadari,karena itulah Allah mengingatkan kita…
Justru, harusnya kita bersyukur pada saat kita mendapatkan masalah..karena itu artinya Allah masih sayang pada kita, dan mengingatkan kita untuk mengingatNYA…dan mendekatiNYA… memohon ampun padaNYA… Semua yang kita hadapi dalam hidup ini selalu ada hikmahnya.. Tergantung bagaimana kita menghadapinya..
Hanya Allah-lah tempat kembali..karena hanya Allah-lah satu-satunya penolong.. Hasbunallah wa ni’mal wakiil..ni’mal maula wa ni’mal nassiir..

No comments: